3 Cara Tepat untuk Memberitakan Yesus

Diterjemahkan dari situs : https://theresurgence.com/2012/04/07/debunking-3-common-myths-about-the-resurrection

3 cara khotbah

Oleh Mark Driscoll

Jika Anda seorang pendeta, maka deskripsi pekerjaan Anda adalah sederhana : berkhotbah. Jika Anda tidak melakukan satu hal ini, maka jangan menyebut diri seorang pengkhotbah.

Sekarang, hal ini tidak berarti bahwa semua bentuk khotbah adalah sama – sekali lagi tidak. Sebagai pengkhotbah, kita diperintahkan untuk berkhotbah. Dengan perintah ini Allah tidak memberikan kita sebuah panduan yang terperinci tentang bagaimana kita harus melakukannya. Dia memberikan kita pilihan untuk memenuhi panggilanNya untuk “memberitakan firman”.
Dalam khotbah saya, ada berbagai metode yang saya gunakan dan akan terus gunakan sebagai pilihan terbaik untuk membantu saya memenuhi panggilan Tuhan untuk berkhotbah.
Di bawah ini adalah apa yang saya yakini sebagai tiga metode terbaik saat berkhotbah. Jika Anda seorang pendeta, saya berharap mereka membantu dalam memenuhi panggilan Anda.

KHOTBAH EKSPOSITORI

Sederhananya khotbah Ekspositori hanya berkhotbah dengan cara membahas Alkitab ayat demi ayat. Saya mendapat kebebasan untuk berkhotbah dengan cara membahas berbagai kitab dalam Alkitab dengan cara ini, termasuk yang terbaru adalah kitab Lukas.

Keuntungan

  • Semuanya terbahas, tidak menyisakan sedikitpun. Segala tulisan yang diilhamkan Tuhan, adalah untuk kepentingan kita, dan harus didalami ( 2 Tim. 3:16-17 ).
  • Membutuhkan pengkhotbah untuk melibatkan teks dan masalah yang sulit yang mana biasanya mereka akan tergoda untuk abaikan.
  • Memungkinkan bagi orang Kristen dan non-Kristen untuk mengikuti dengan mudah.

KHOTBAH TEKSTUAL

Khotbah Tekstual tergolong antara khotbah eksposistori dan topikal. Khotbah tekstual adalah khotbah yang berisi satu bagian dari kitab dari dalam buku Alkitab. Sebagai contoh, saya baru-baru ini berkhotbah tentang seri yang berjudul “Seven”.
Dengan seri ini, saya berkhotbah tentang Wahyu 1-3, dengan penekanan pada reaksi dari ketujuh jemaat kepada Yesus dan apa yang kita sebagai gereja saat ini, dapat belajar dari reaksi-reaksi tersebut.

Keuntungan

  • Menunjukkan konsistensi Friman Tuhan dengan menghubungkan bagian-bagian dari Alkitab bersamaan secara tematis.
  • Memungkinkan bagi para pengkhotbah untuk memakai bagian-bagian yang lebih kecil dari Kitab Suci, yang mana memberikan fleksibilitas dalam menangani isu-isu yang muncul.
  • Memungkinkan bagi para pengkhotbah untuk bekerja di sekitar hari-hari besar Kristen dan melakukan seri-seri pendek di sekitar mereka, seperti Natal dan Paskah.

KHOTBAH TOPIKAL

Khotbah topikal adalah jenis yang paling umum dari khotbah saat ini. Khotbah topikal menggunakan beberapa teks dari satu atau lebih buku dalam Alkitab atau penulis Alkitab untuk berbicara tentang suatu isu. Contoh terbaru tentang khotbah ini adalah seri khotbah yang saya baru selesaikan ‘Real Marriage’.

Keuntungan

  • Memungkinkan seorang pengkhotbah untuk melacak tema melalui beberapa kitab dalam Alkitab, yang menunjukkan konsistensi
  • Menyediakan kemampuan untuk menjawab pertanyaan dan kontroversi yang muncul
  • Memungkinkan untuk seorang pengkhotbah untuk memilih ayat yang paling tepat dari Kitab Suci mengenai topik tertentu

MEMBERITAKAN SELURUH ISI HATI TUHAN

Jika Anda seorang pendeta, saya mendorong Anda untuk menerima panggilan Anda untuk berkhotbah seserius seperti yang Tuhan lakukan.

Tuhan menuntut mereka yang dipanggil untuk berkhotbah dengan standar yang lebih tinggi daripada yang lain ( Yakobus 3:1 ). Sebagai pengkhotbah, kita bertanggung jawab atas apa yang diajarkan kepada jemaat kita. Kita harus memberitakan “seluruh isi hati Tuhan ” ( Kisah Para Rasul 20:27). Ini termasuk setiap kitab dalam Alkitab, baik Perjanjian Lama dan Baru.

Membertiakan Firman Tuhan tidak dimaksudkan untuk memenangkan anda dalam kontes popularitas. Ini dimaksudkan untuk menjadi murid-murid Yesus dengan cara ” ajarkan mereka untuk melakukan semua ” yang diperintahkan (oleh Yesus) ” ( Matius 28:20 ).

Jangan terjebak dalam bagaimana Anda harus berkhotbah. Jangan terjebak dalam apa yang harus Anda khotbahkan : FIRMAN TUHAN.

________________________________________

Posting ini diadaptasi dari buku Vintage Church oleh Mark Driscoll dan Gerry Breshears copyright © 2008. Digunakan dengan izin ofCrossway Books, pelayanan penerbitan Good News Publisher, Wheaton, IL 60187.

Leave a Reply

Post Navigation