FAKTA TENTANG EBOLA

Ebola

Diadaptasi dari : http://www.cdc.gov/vhf/ebola/outbreaks/guinea/qa.html

Wabah Ebola saat ini berpusat pada tiga negara di Afrika Barat: Liberia, Guinea, Sierra Leone, meskipun ada potensi untuk penyebaran lebih lanjut ke negara-negara tetangga Afrika lainnya. Ebola tidak menimbulkan risiko yang signifikan terhadap publik AS. CDC meningkatkan penanganan dengan menambah lagi 50 ahli ke daerah itu untuk membantu wabah tersebut di bawah kontrol.

Apa itu Ebola?

Virus Ebola adalah penyebab dari penyakit demam berdarah viral. Gejalanya termasuk demam, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, lemah, diare, muntah, sakit perut, kurang nafsu makan, dan perdarahan yang tidak biasa. Gejala dapat muncul kapan saja antara 2-21 hari setelah terinfeksi virus Ebola, namun 8-10 hari adalah yang paling umum.

Bagaimana Ebola menular?

Ebola ditularkan melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh dari orang dengan gejala terinfeksi atau melalui perantara objek (seperti jarum) yang telah terkontaminasi dengan sekresi dari pasien yang terinfeksi.

Dapatkah Ebola ditularkan melalui udara?

Tidak. Ebola bukanlah penyakit pernapasan seperti flu, sehingga tidak bisa ditularkan melalui udara.

Bisakah saya mendapatkan Ebola dari makanan atau air yang terkontaminasi?

Tidak. Ebola bukanlah penyakit yang bisa ditularkan lewat makanan. Ini juga bukan penyakit yang bisa ditularkan lewat air.

Bisakah saya mendapatkan Ebola dari orang yang terinfeksi tetapi tidak memiliki gejala apapun?
Tidak. Individu yang tidak memiliki gejala tidak bisa menular. Agar virus bisa menular, seseorang harus memiliki kontak langsung dengan individu yang mengalami gejala-gejala.

ebola_layout_revisions

Leave a Reply

Post Navigation