EDWARD TENTANG KEKRISTENAN YANG SEJATI : KEBANGKITAN BUKAN SEKEDAR PERBAIKAN

Diterjemahkan dari situs: https://theresurgence.com/2010/10/16/edwards-on-true-christianity-resurrection-not-refinement

regeneration
Oleh : Dane Ortlund

Apa itu orang Kristen ?

Bukan apa yang orang Kristen percayai atau bagaiamana perilaku mereka – Apa itu orang Kristen ?
Dari pembicaraan larut malam antara Yesus dengan Nikodemus , seorang Kristen adalah seseorang yang telah lahir untuk kedua kalinya – para teolog menyebutnya regenerasi . ” Kecuali seseorang dilahirkan kembali , ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah ” ( Yohanes 3:3 ) . ” Kamu harus dilahirkan kembali ” ( Yohanes 3:7 ) .

DICIPTAKAN KEDUA KALINYA
Jonathan Edwards menjelaskan apa yang terjadi dalam kelahiran baru :
Orang percaya memiliki pandangan dan pengetahuan tentang hal-hal sedemikian rupa ,sehingga dia menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya. Perubahaan yang sangat juga terjadi terhadap internal emosi dan disposisi nya . Pengetahuan yang dimiliknya begitu dahsyat , begitu dalam, dan begitu mempengaruhi , cukup mengubah jiwa dan menempatkan sifat baru ke orang itu , juga mengubah prinsip-prinsip yang terdalam , dan juga telah merubah hal-hal lain, termasuk dasar fondasinya , sehingga semua hal menjadi baru bagi mereka . Ya , ia adalah ciptaan baru , seolah-olah dia bukan orang yang sama , tapi dilahirkan kembali , diciptakan kedua kalinya .

KEBAIKAN TIDAK BEARTI REGENERASI
Sangat mudah untuk mengelabui hati yang busuk dengan kebaikan. Dunia ini penuh dengan orang-orang baik yang belum dilahirkan kembali – baik, tapi jahat . Kebaikan dan kejahatan tidak saling eksklusif . Mereka bahkan dapat saling menguatkan ( 2 Tim 3:1-5 ) .
Seorang Kristen yang lahir baru , menurut Edwards , bukanlah orang yang sama yang sekedar benar-benar baik . Mereka bukan hanya versi perbaikan dari orang yang sama, tetapi orang yang baru secara fundamental dibentuk ulang. Kelahiran baru bukan sekedar memberi kita cara baru untuk memuaskan keinginan lama. Kelahiran baru memberi kita keinginan baru .
Perbedaan antara orang percaya dengan orang yang tidak beriman bukan hanya sekedar perbedaan antara gelandang sepak bola professional dengan gelandang sepak bolah sekolahan – kemampuan bawaan yang sama, hanya tingkatnya lebih tinggi. Perbedaan orang percaya dengan orang yang tidak percaya seumpama pemain sepak bola berbeda dari mayat ( Ef 2:1, 5 ) . Seorang Kristen sejati telah diberikan KEBANGKITAN , bukan hanya perbaikan ( Ef 2:06 ; Kol 3:1 ) .

ARAH BARU , BUKAN KESEMPURNAAN
Tentu saja, semua pemain sepak bola tersandung di lapangan dari waktu ke waktu . Demikian juga , regenerasi tersandung dari waktu ke waktu . Regenerasi tidak menghasilkan kesempurnaan , melainkan menetapkan arah yang baru . Sementara dampak dari perubahan radikal ini berlangsung seumur hidup , perubahan awal itu sendiri seketika , mantap, dan permanen .
Kekristenan bukanlah sekdar penambahan , tetapi penciptaan ( 2 Kor 4:6; 5:17) . Kita bisa menasihati ulat bulu untuk terbang sampai kita biru di wajah tetapi tidak ada gunanya sampai hewan itu berubah menjadi makhluk baru . Dan kita bisa menasihati manusia berdosa untuk menghrgai Kristus , mengasihi sesama , dan menumpahkan kebaikan berdasarkan kasih yang sejati, tapi itu tidak ada gunanya sampai orang itu berubah dan menjadi ciptaan baru .
AKU SUDAH DIREGENARSI – SEKARANG APA?
1 . Luangkan waktu dalam doa penuh harapan bagi orang lain . Tuhan dapat membawa kehidupan dari kematian dii hati tetangga sebelah rumah Anda , seperti yang dia lakukan untuk Anda .
2 . Praktekkan kerendahan hati dengan bijaksana. Mereka yang dilahirkan kembali tidak mengundang Tuhan untuk membawa mereka ke kehidupan seperti Lazarus mengundang Yesus untuk membawa dia untuk hidup ( Yohanes 11:43 ) . Iman dan pertobatan kita adalah rahmat karunia.
3 . Bersukacitalah dalam ketenangan yang teduh. Regenerasi tidak dapat berubah balik . Dia memulai pekerjaan baik di antara kamu , dan dia yang akan meneruskannya( Flp 1:6 ) .
Diadaptasi dari A New Inner Relish: Christian Motivation in the Thought of Jonathan Edwards

Leave a Reply

Post Navigation