Klaim Para Peneliti Tentang Bahtera Nuh Yang Akan Mengejutkan Anda

noah-620x420

Bersamaan dengan para literalis dan skeptis Alkitab terus melanjutkan perdebatan tentang apakah Nuh benar-benar membangun sebuah kapal besar yang menyelamatkan keluarganya dari bencana banjir global, para peneliti sekarang mengatakan bahwa setidaknya salah satu elemen dari cerita ini masuk akal secara ilmiah.

Mahasiswa program Master di Departemen Fisika dan Astronomi Universitas Leicester di Inggris meneliti dimensi dari bahtera tersebut seperti yang dijelaskan dalam Kejadian 6:13-22 dan tiba pada kesimpulan yang menakjubkan.

“Beberapa mahasiswa di Universitas Leicester menunjukkan bahwa bahtera Nuh sebenarnya cukup kuat untuk menampung sepasang hewan dari setiap spesies, “pernyataan di website universitas.

Mahasiswa peneliti Oliver Youle, Katie Raymer, Benjamin Jordan dan Thomas Morris menyimpulkan bahwa secara teori bahtera Nuh bisa mengapung bahkan dengan berat 70.000 hewan dan binatang, Telegraph melaporkan.

Meskipun tidak diketahui dengan pasti apakah semua binatang itu benar-benar bisa dimuatkan ke perahu raksasa tersebut, para peneliti mengatakan dalam hal bobot, setidaknya, hal itu tidak akan menjadi masalah.

Dengan menggunakan analisis sebelumnya yang mengemukakan ada 35.000 spesies untuk Nuh untuk dikumpulkan ke dalam kapal, para siswa melihat dimensi yang diberikan dalam Alkitab ( 300 hasta panjang, 50 hasta lebar, 30 hasta tinggi ), memperhitungkan bobot dari hewan, kemudian menerapkan prinsip daya apung Archimedes.

” Setiap obyek ketika direndam dalam cairan mempunyai kekuatan yang menekan balik- kekuatan daya apung, ” jelas Youle, yang memimpin proyek tersebut. ” Bobot dari obyek tersebut menekan ke bawah – kekuatan ke bawah, dan syarat agar supaya obyek tersebut bisa mengapung, dua kekuatan ini harus sama. ”

Pengukuran hasta memberikan sedikit masalah bagi para siswa, mengingat bahwa ukuran kuno tersebut, yang didasarkan pada jarak siku seseorang ke ujung jari tengah, tidak seragam.

Jadi para peneliti menetapkan untuk memakai nilai rata-rata pengukuran yang dipakai pada jaman Ibrani dan Mesir kuno, menurut pernyataan dari universitas.

Tapi itu bukan satu-satunya persoalan. Karena kayu gopher – kayu yang disebut Alkiab sebagai bahan untuk membuat bahtera itu – masih belum diketahui para ilmuwan, sehingga para peneliti membuat penghitungannya dengan kayu cemara.

Sejumlah mahasiswa menyatakan terkejut pada hasil temuannya bahwa bahtera tersebut sanggup menampung hingga 2,15 juta domba dan tidak tenggelam ( jumlah yang setara dengan pernyataan bahwa dua dari setiap jenis hewan ikut dengan Nuh dan keluarganya ke dalam bahtera ).

” Kita tidak berpikir kalau Alkitab adalah bahan informasi sains yang akurat, jadi saya kira kami cukup terkejut ketika kami menemukan kalau penelitian itu berhasil, ” kata Morris. “Kami tidak membuktikan kalau peristiwa itu benar terjadi, tapi konsep nya mungkin bisa bekerja. ”

Temuan ini dipublikasikan di Journal of Physics, journal yang di ulas oleh sesama mahasiswa dari universitas tersebut.

Ada perbedaan pandangan di sekitar pertanyaan apakah Noah benar-benar telah mampu mengumpulkan semua binatang ke dalam bahtera. Answers in Genesis, organisasi yang percaya tentang penciptaan, mengklaim bahwa hanya “makhluk yang terbang dan hewan darat yang bernapas ” masuk ke dalam bahtera.

Dengan demikian, organisasi ini mengatakan bahwa kemungkinan hanya ada sekitar 16.000 hewan di dalam bahtera, jumlah yang jauh lebih kecil daripada yang direferensikan dalam studi terbaru ini.

Proyek penelitian Universitas Leicester ini mengikuti penayangan “Noah”, sebuah film yang telah menimbulkan cukup banyak kritik dan perdebatan.

( H / T : Telegraph )

Diterjemahkan dari situs : http://www.theblaze.com/stories/2014/04/03/researchers-stunning-claim-about-noahs-ark-might-surprise-you/

Leave a Reply

Post Navigation