PEPERANGAN ROHANI, BAGIAN 3: SETAN

20140807_spiritual-warfare-part-3-satan_banner_img

Oleh : Mark Driscoll

APA YANG SAYA PERLU TAHU TENTANG MUSUH YANG TERUS MEMERANGI AKU INI?

Alkitab, dari Kejadian 3 sampai Wahyu 21, memberikan kejelasan bahwa iblis dan pengikutnya adalah nyata, dan kebenaran ini, tidak banyak dipertanyakan oleh orang yang mengaku Kristen sampai beberapa ratus tahun lalu. Pengaruh besar oleh seorang filsuf ateis David Hume dan era modernitas berikutnya, pemuka Alkitab yang liberal menolak supernatural, dari keajaiban sampai setan, sebagai mitos, kuno, dan primitif. Hal-hal tersebut tidak sesuai dengan pandangan modern mereka tentang dunia sebagai sistem alami yang tertutup. Namun, untuk mempercayai Alkitab, kesadaran akan adanya Setan, iblis, supranatural, dan mukjizat sangat diperlukan. Kita tidak bisa mengambil bagian dari Alkitab kita suka dan membuang sisanya – penyembah Tuhan mencari, bukan mengedit. Setan adalah nyata, dan sebagai orang Kristen, sangat penting untuk mengenal musuh kita dengan baik. Jika Anda tidak tahu musuh Anda, Anda tidak bisa tahu bagaimana membela diri. Mengetahui musuh Anda adalah kunci kemenangan dalam peperangan (2 Kor. 2:11).

KEBENARAN TENTANG SETAN DAN IBLIS

Ada beberapa kebenaran kunci tentang Setan dan agen-agennya yang perlu Anda ketahui, percayai, dan soroti di Alkitab Anda sehingga Anda dapat mempelajarinya kembali dengan sering.

  1. Alkitab secara konsisten menyajikan setan sebagai musuh Allah dan umat-Nya. Dia diberi berbagai nama, termasuk iblis, naga, ular, musuh, pencoba, pembunuh, bapa segala dusta, musuh kita, penuduh, perusak, dan si jahat.
  2. Iblis dan setan adalah musuh Anda dan sama sekali bukan kawan (1 Pet 5:. 8).
  3. Setan dan iblis secara aktif berperang melawan Anda (Efesus 6:. 10-13).
  4. Setan dan iblis ingin Anda mati karena Setan adalah seorang pembunuh. Dia ingin membawa kematian untuk segala sesuatu dalam hidup Anda, termasuk cinta Anda, sukacita, pernikahan, dan pelayanan (Yohanes 8:44).
  5. Setan dan iblis tidak bisa mengklaim Anda, karena Anda telah dibebaskan selamanya dari kerajaan Setan kegelapan kerajaan Yesus cahaya (Kol 1:13).
  6. Di dalam Yesus, Anda memiliki perlindungan pribadi dari dan otoritas atas iblis dan pengikutnya (Lukas 10: 18-20).
  7. Karena Anda berada di Yesus Kristus dan segala sesuatu berada di bawah kekuasaannya, Anda juga dapat memerintahkan Setan dan Iblis untuk mematuhi Anda karena wewenang yang dilimpahkan kepada Anda dari Yesus (Efesus 1:. 18-2: 8). Praktisnya, ini berarti bahwa jika, sebagai seorang Kristen, Anda memerintahkan Iblis untuk meninggalkan anda dalam nama Yesus, maka itu harus terjadi.
  8. Setan dan iblis sama sekali tidak sama dengan Allah. Tidak seperti Allah, mereka adalah makhluk ciptaan degan kemampuan yang terbatas. Mereka bukan omnipotent, maha tahu, atau maha kuasa seperti Allah. Walaupun demikian, mereka adalah sangat nyata dan sangat kuat. Mereka telah mengamati perilaku manusia sejak awal sejarah dan sangat menyadari bagaimana orang hidup, dan mereka telah terus-menerus menyempurnakan taktik mereka untuk menghancurkan kita.
  9. Motivasi untuk semua pekerjaan Setan adalah kebanggaan dan kemuliaan diri bukan kerendahan hati dan kemuliaan Allah (Yeh 28:. 2; Yakobus 4: 6-7). Salah satu sekutu mereka yang paling kuat dalam berperang dengan kita adalah kesombongan kita sendiri. Beberapa berspekulasi mengapa si Ular terus berperang melawan Allah meskipun Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa Yesus telah memenangkan perang dan Ular akhirnya akan dikalahkan dan dihakimi dengan kesakitan. Mungkin Ular memang sangat sombong dengan dirinya sehingga dia telah menipu dirinya sendiri dan sekarang percaya bahwa Allah adalah pembohong yang dapat dikalahkan. Ini adalah tipu muslihat yang terus dia bisikkan ke telinga kita setiap hari, mengatakan bahwa kita tidak menang dalam Kristus dan juga kebohongan tentang diri kita sendiri dan tentang Tuhan.
  10. Tidak seperti manusia, yang untuknya Yesus mati dan bangkit, setan dan iblis tidak memiliki kemungkinan untuk keselamatan. Praktisnya, ini berarti bahwa hanya ada hukuman dan siksaan yang menunggu Setan dan iblis (2 Pet 2:. 4).
  11. Dalam perang melawan Allah, si Ular tidak hanya memiliki setan, tetapi juga orang-orang yang bersekutu dalam pasukannya, baik dengan kerasukan setan, pengaruh setan, atau hanya dengan hidup dalam dosa dan kedagingan. Orang-orang tersebut termasuk nabi-nabi palsu, rasul palsu, orang-orang Kristen palsu, guru-guru penyesat yang mengajarkan ajaran sesat untuk si Ular.
  12. Tujuan uama Setan bagi kita di dalam Kristus adalah hidup yang penuh kompromi dan sia-sia di dalam kebohongan dan dosa (1 Timotius 4: 1-2, 1 Yohanes 3: 7-10). -dan akhirnya kematian (Yohanes 8:44 ; 1 Pet 5: 8). Jika si musuh tidak dapat menggoda kita dengan dosa dan kesalahan, dia hanya akan mencoba untuk melelahkan kita sampai menyerah. Oposisi setan ini semakin ditujukan bagi mereka yang paling setia melayani Allah.

Diadaptasi dari : http://marshill.com/2014/08/07/spiritual-warfare-part-3-satan

Leave a Reply

Post Navigation