TIPS PRAKTIS AGAR ANAK MENCINTAI PENGAJARAN ANDA

Teaching

Oleh Andrew Weiseth

Karena kita diciptakan menurut gambar Tuhan, kita gemar untuk mendengar kisah, dan kegemaran ini bahkan lebih mendalam dengan anak-anak. Perubahan terbaik dan terbesar yang bisa anda rubah dalam mengajar anak-anak adalah dengan menggunakan cerita.

Sinar lampu menyilaukan anda menyembunyikan penonton dari pertunjukan perlombaan itu. ” Kalau anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan benar, ” seru pembawa aca, “Maka uang itu menjadi milik ANDA ! ”

Para penonton menjadi terdiam. Telapak tangan anda berkeringat. ” Sepuluh detik tersisa ! Selanjutnya pertanyaan terakhir, untuk menang. Manakah dari dua fasilitas berikut memiliki jumlah pengunjung yang lebih besar setiap tahunnya : Ruang kuliah atau bioskop ?”

Segera anda memencet bel sebelum pembawa acaranya selesai berbicara. Anda baru saja memenangkan pertanyaan termudah yang pernah diberikan di perlombaan itu. Selamat!

KITA TERTARIK DENGAN KISAH

Pertanyaannya adalah sederhana. Membandingkan dua templat tersebut adalah sangat menggelikan. Anda tahu bahwa kita jauh lebih menyukai film daripada kuliah, karena hampir semua kisah cinta jauh lebih menarik daripada informasi yang membosankan. Kisah cerita menarik kita – mengapa demikian ?

Kami tertarik untuk mendengar kisah karena kita diciptakan menurut gambar Tuhan ( Kej 1:27). Bentuk utama Tuhan berkomunikasi adalah dengan kisah, karena itulah sifatNya. Hal ini senada dengan sifat yang telah diberikan ke dalam setiap kita. Kita diciptakan untuk itu !

MELIBATKAN ANAK MELALUI CERITA

Apakah sejarah itu ? Sejarah adalah kisah Dia.

Apa gaya sastra yang dominan dalam Alkitab ? Narasi.

Apa gaya mengajar utama Yesus ? Perumpamaan.

Kecintaan kita untuk mendengar kisah cerita bahkan lebih mendalam dengan anak-anak. Pernahkah anda memperhatikan betapa sulitnya bagi anak-anak anda untuk datang kepada anda untuk mendengar informasi ?
Sebaliknya, bandingkan dengan usaha mereka ketika meminta anda untuk membacakan sebuah cerita, dan sebuah cerita lagi, dan sebuah cerita lagi ?

Perubahaan terbesar dan terbaik anda dapat lakukan dalam cara mengajar anak-anak adalah dengan menggunakan cerita. Hal ini tidak hanya sekedar untuk menghibur mereka, tetapi juga melibatkan mereka. Pertimbangkan faktor-faktor berikut yang teratasi ketika anda melibatkan anak-anak melalui cerita :

  • Ingatan memori jangka-pendek dan jangka-panjang yang lebih baik
  • Rentang perhatian yang lebih baik dan keinginan untuk tetap terlibat
  • Peningkatan sukacita dalam belajar
  • Perhatian yang lebih luas melingkupi seluruh spectrum gaya belajar.
  • Lebih ada hubungan pengertian tentang suatu konsep atau hal-hal sekitar konsep tersebut.
  • Pengertian yang lebih tinggi untuk mengulangi apa yang mereka dengar

Peningkatan yang dramatis terjadi ketika seorang guru berubah dari hanya memberitahu informasi dan konsep menjadi bercerita. Daftar ini bisa lebih panjang. Tambahkan ke dalamnya juga, sukacita yang lebih besar yang anda dapatkan dalam proses mengajar !

” Ok, bercerita, saya mengerti ! Tapi bagaimana caranya ? ” anda bertanya. Pertanyaan yang bagus. Berikut adalah beberapa ide-ide dasar aga anda dapat memulai menggunakan cerita.

MENGAJAR MELALUI CERITA

Menggunakan cerita jauh melampaui hanya sekedar mengajar. Perhatikan cara anak-anak masuk ke kelas anda.
Apakah anak laki-laki diperintahkan untuk pergi ke daerah LEGO ? Atau apakah mereka diundang untuk menjadi ahli penemu dalam pembuatan mesin LEGO yang sangat aneh dan sangat rahasia?

Apakah gadis-gadis diperintahkan untuk ke sana dan hanya mewarnai ? Atau apakah mereka diundang untuk menjadi inerior desainer krayon dan kertas – yang berkolaborasi dengan Sparkelina, Ratu dari Bubblegum Forest?

TRANSISI

Jika anda hendak memindahkan suatu kelompok dari satu tempat ke tempat lain, anda dapat sekedar menyuruh anak-anak untuk berjalan dari sini ke sana.

Atau, anda dapat menggunakan ” tongkat imajinasi yang dahsyat ” untuk mengubah mereka semua menjadi penjelajah hutan yang menggunakan teropong gaib, untuk mencari si lemur ajaib yang berbulu polka-dot dan suka menari disko.

Perhatikan bagaimana keterlibatan mereka dengan kepemimpinan anda bahkan sebelum anda sampai pada kesempatan emas, Kitab Suci. Pendiri Young Life Jim Rayburn mempunyai ungkapan yang terkenal, ” Adalah suatu dosa untuk membosankan anak-anak dengan Injil. ”

Dia benar. Gunakan cerita untuk menangkap pikiran anak-anak, dan berdoa agar Roh menggunakannya untuk menangkap hati mereka.

TIPS YANG PRAKTIS

Berikut adalah beberapa petunjuk inti untuk menggunakan cerita dalam pengajaran anda :

  • Hidupkan Dunianya dan Sederhanakan Pesannya : Anak-anak harus dapat melihat, mengecap, merasakan, mendengar dunia yang anda buat. Tetapi itu semua harus membantu untuk memfokus pada satu ide yang sederhana. Ambil contoh kisah orang yang lumpuh yang diturunkan melalui atap ( Markus 2:1-12 ). Cerita ini bukan hanya sebuah lubang dengan seorang pria turun di atas tikar. Ada suara-suara penggalian yang mengganggu, orang-orang dibutakan oleh debu yang jatuh dan dikejutkan oleh cahaya matahari, kepala-kepala mengintip ke bawah dari atas. Mungkin sebelumnya mereka telah membuat lubang di tempat yang salah ! Tapi semuanya mengacu pada satu hal – seorang lumpuh akan segera diturunkan di hadapan Yesus.
  • Variasikan Nada dan Kecepatan : Tangkap pikiran dengan kesunyian, kejutan-kejutan suara, dan kata-kata yang berwarna-warni. Gerakkan tubuh anda menjadi besar dan kecil.
  • Bereaksi pada saat seolah-olah anda berada di dalamnya : Sebagai contoh, jangan hanya sekedar memberitahu kedingina; tapi menggigil-lah. Mereka tidak akan dengan mudah terlibat ke dalam cerita tersebut, jika anda tidak.

    Mengajar melalui cerita tidak berarti bahwa anda hanya sekedar menceritakan kisah. Ini berarti bahwa anda menggunakannya sebagai fitur utama. Begitu cerita telah tertanam di dalam pikiran mereka, anda dapat kembali dan berbicara tentang karakter, mengajukan pertanyaan, dan sebagainya.

    Bagaimana anda dapat menggabungkan cerita dalam pengajaran anda?

    Diterjemahkan dari situs : https://theresurgence.com/2014/03/31/one-simple-way-to-help-kids-love-your-teaching

Leave a Reply

Post Navigation